Selasa, 08 Mei 2012

Pelantikan Penghela Tingkat II sangat Mengesankan


Pelantikan Penghela Tingkat II Tahun 2012 berjalan dengan baik. Peserta dalam pelaksanaan Pelantikan tersebut datang tepat waktu. Peserta yang berjumlah 27 penghela tingkat I merupakan penghela terbaik yang ada di Qobilah SMK Muhammadiyah Kramat, yang terbagi atas empat kawan, yaitu Kawan Salman I, Kawan Salman II, Kawan Fatimah I, Kawan Fatimah II. Untuk Kawan Salman I di pimpin oleh Arif Maulana yang merupakan Calon Pemimpin Dewan Kerabat Masa Bhakti 2012/2013, Kawan Salman II di pimpin oleh Fauzi Nasrulloh yang merupakan Calon Pemangku Adat Putra Masa Bhakti 2012/2103, Kawan Fatimah I di pimpin oleh Eva Laeliyana yang merupakan Calon Pemimpin Dewan Kerabat Putri Masa Bhakti 2012/2013, Fatimah II yang dipimpin oleh Susi Dwi Aryanti yang merupakan Calon Pemangku Adat Putri Masa Bhakti 2012/2013.



Dari semua Pemimpin Kawan telah betugas dengan baik. Masing-masing Pemimpin dalam memimpin sangat mengesankan. Semua mampu bekerja sama dalam mengerjakan tugas, baik yang diberikan oleh Panitia Pelantikan PenghelaTingkat II maupun tugas yang diberikan oleh Pemimpin Penghela.

Pelaksanakaan Pelantikan Penghela Tingkat II dimulai pada pukul 13.30 WIB, yang diwali dengan Daftar Ulang peserta. Kemudian pada pukul 13.45 WIB dilakukan pelaksanaan Upacara Pembukaan Pelantikan Penghela Tingkat II dengan Pembina Upacara Ramanda Saefudin, S.Ag., M.Pd.I. selaku Ketua Pemimpin Qobilah SMK Muhammadiyah Kramat, setelah upacara pembukaan pada pukul 14.30 WIB dilaksanakan cekking perlengkapan dipersyaratkan. Pada Pukul 15.30 WIB dilaksanakan Sholat Ashar berjamah.

Pada pukul 16.45 WIB acara yang menyenangkan dilaksanakan yaitu, Permainan Besar. dalam permainan besar seluruh peserta tampak sangat senang, karena dalam permainan tesebut dapat meningkatkan kreatifitas, kerjasama tim, dan kekompakan tim. Semua permainan yang dikemas sangat baik.

Pada pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 19.30 WIB dilanjutkan dengan kegiatan Bersih diri dan Ishoma. Pada kegiatan ishoma setelah sholat maghrib, dilakukan kegiatan kultum yang diisi oleh Ramanda Miftahurrohman, S.Pd.I. yang menyampaikan tentang menyiapkan generasi muslim di era modern. Pada Pukul 19.30 WIB dilaksanakan kegiatan Musyawarah penghela, Yang dipimpin oleh Pemimpin Penghela dan Pemangku Adat masa Bhakti 2011/2012, yaitu M. Rijalul Firdaus (Pemimpin Penghela Putra Masa Bhakti 2011/21012), Diana (Pemimpin Penghela Putra Masa Bhakti 2011/21012), Tarmidi (Pemangku Adat Putra Masa Bhakti 2011/2012), dan Siti Nur Ropikoh (Pemangku Adat Putri Masa Bhakti 2011/2012) dari Musyawarah Penghela dihasilkan Program Kerja Masa Bhakti 2012/2013.

Pada Pukul 22.00 WIB peserta mendapatkan Materi Ajang Kreastifitas, Leadership, Enterpeneuer, dan Loyalitas sebagai Jiwa Pandu oleh Ramanda Purwono Ginanjar W., S.Pd. yang dalam penyampaiannya menyampaikan pesan agar selalu bangga menjadi Pandu HW dimanapun dan kapanpun juga.

Pada Pukul 23.00 WIB peserta istirahat sampai pukul 01.00 WIB dan melaksanakan sholat malam bersama, pada pukul 01.30 WIB peserta mengikuti Muhasabah dengan membaca Vidgille, kemudian dilanjutkan dengan penjelajahan malam menuju Pantai Larangan yang berada di Desa Munjungagung Kecamatan Kramat dengan jarak tempuh 8 km.

Pada saat perjalanan malam meski dengan beban yang berat dan diselingi dengan gerimis namun peserta Pelantikan Penghela Tingkat II tetap melanjutkan perjalanan dengan penuh semangat, dan tiba di pantai Larangan pada pukul 06.00 WIB yang sebelumnya telah melaksanakan Sholat Subuh berjamaah di masjid At Taqwa di Desa Bongkok Kecamatan Kramat.

Dengan penuh suka cita Calon Penghela Tingkat II pun dilantik menjadi Penghela Tingkat II pada pukul 06.30 WIB, setelah dilantik segera para peserta dan Panitia memepersiapan diri kegiatan apel pagi dan sarapan dengan memasak sendiri dengan bekal yang telah dibawa sebelumya yaitu dengan menggunakan peralatan masak ala tentara, seperti Cooker Kit (3 Kompor lapangan/KLP, korek api, spirtus/parafin, misting/panci kecil), beras, mie instan, kertas nasi 4 lembar, susu kental manis 1 sachet. dll. Dalam kegiatan ini peserta ternyata mampu menunjukkan jiwa pandu. Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan makan bersama.

Setelah makan bersama meski terasa badan pegal-pegal dan capek, peserta masih mengikuti kegiatan lagi yaitu Motifasi Diri oleh Ramanda Purwono Ginanjar W., S.Pd. dan dilanjutkan dangan Bakti Sosial dengan membersihkan Pantai.

Kegiatan pun berlanjut. Setelah  Bakti sosial pesreta dengan dilepas oleh Pemimpin penghela menuju ke Qobilah SMK Muhammadiyah Kramat dengan berjalan kaki, namun disini peserta diminta untuk menumbuhkan jiwa pantang menyerah dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam menuju Qobilah.

Pada pukul 11.15 WIB peserta tiba di Qobilah, dan menunggu acara penutupan. Setelah Sholat Dhuhur berjamaah, kegiatan Upacara Penutupan pun berlangsung dengan ditutup oleh Ramanda Purwono Ginanjar W., S.Pd. Selaku Pemimpin Penghela dengan penuh suka duka dan juga diiringi oleh suasana haru, namun hikmat.

Semoga pengalaman berharga ini dapat menjadikan generasi penerus Hizbul Wathan di Qobilah SMK Muhammadiyah Kramat makin semangat dalam berlomba-lomba dalam kebaikan. Tak ada kata lain selain kata Pelantikan Penghela tingkat II sangat Mengesankan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar